Dalange Sopo, Kok Mantep?

Published 28/12/2009 by martono loekito

Akibat ulah dua kakak beradik, Anggoro Widjaja dan Anggodo Widjaja, mengakibatkan dua orang aparat penegak hukum di Kejaksaan Agung dan Mabes Polri, mengundurkan diri, serta sejumlah pejabat negara sibuk mengurusi kasus tersebut.

Adalah, salah seorang anggota hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Akil Mochtar, meminta agar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (RI-1), yang namanya dicatut dalam pembicaraan Anggodo dengan sejumlah orang yang diperdengarkan di Mahkamah Konsitusi (MK) Selasa (3/11), untuk melaporkan secara resmi Anggodo ke Polri.

Namun, hingga saat ini, Anggodo dalang di balik rekaman dugaan rekayasa kriminalisasi Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah yang mencatut nama SBY dan RI-1 dalam rekaman, masih bisa menghirup udara segar, sedangkan buronan KPK Anggoro, masih berada di luar negeri bersantai-santai.

Padahal, sebelumnya, Presiden pernah memerintahkan kepada Polri untuk mengusut dalang di balik rekaman dugaan rekayasa kriminalisasi Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah. Nama SBY dan RI-1 dicatut dalam rekaman tersebut.

“Kalau penahanan karena alasan subyektif agak berlebihan,” kata Akil di MK, Jakarta, Kamis, (5/11). “Kalau Presiden sudah buat laporan resmi kepada polisi, tidak ada alasan lagi polisi untuk tidak menahan Anggodo dan Anggoro. Tangkap aja, dan cukup sederhana,” kata Akil. Dia meyakini, pelaporan resmi Presiden itu bisa menjadi sebuah langkah yang bisa memulihkan kepercayaan publik.

Menurut Akil, banyak sangkaan yang bisa digunakan penyidik Polri untuk menjerat Anggodo jika Presiden SBY sudah melaporkan tokoh sentral rekaman itu. Pasal pencemaran nama baik Presiden dan penipuan, lanjut Akil, bisa digunakan untuk menaikkan status Anggodo menjadi tersangka dan ditahan.

“Kalau dia ditetapkan sebagai tersangka dalam pencemaran nama baik kepala negara, tindakan hukum kan bisa langsung dilakukan polisi,” jelas Akil. sumber: rakyat merdeka

One comment on “Dalange Sopo, Kok Mantep?

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: