MARAK PEMBOBOLAN ATM

Published 24/01/2010 by martono loekito

Sindikat Bobol ATM 6 Bank
HATI-HATI bertransaksi via anjungan tunai mandiri (ATM). Dalam empat hari terakhir terjadi pembobolan rekening via ATM di Bali. Menurut Bank Indonesia, sampai saat ini ada enam bank yang menjadi korban pembobolan ATM. Dana yang telah dilaporkan bobol dari satu bank mencapai Rp4,2 miliar.

Hal itu diungkapkan Deputi Gubernur BI Budi Rochadi di Jakarta, kemarin. BI menduga terjadi pencurian data bank dan pengintipan nomor identitas pribadi (‘personal indentification number’/PIN) nasabah.

Akibatnya, dana nasabah berhasil dicuri oleh kelompok orang yang dicurigai sebagai sindikat internasional.

“Totalnya bergerak terus. Di salah satu bank ada 230 rekening dengan kerugian 4,2 miliar, sedangkan jumlah banknya ada beberapa bank. Sementara ini ada enam bank yang mengalami pembobolan,” jelas Budi.

Selain PT Bank Central Asia Tbk, lima bank lain yang melapor, yakni PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Permata Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk, dan PT Bank Internasional Indonesia Tbk. ”Semua laporan saat ini ditangani aparat,” ujarnya.

Terkait dengan modus pembobolan, Budi menjelaskan para pelaku memakai modus profesional, antara lain mencuri data bank baik dari ATM ataupun alat pembaca kartu (‘electronic data capture’/EDC), pengintipan nomor PIN nasabah dengan menggunakan kamera, dan lainnya.

Meski begitu, Budi mengingatkan agar nasabah tetap tenang dan tidak panik dengan menarik dana. Adapun untuk nasabah yang dirugikan, dananya akan diganti pihak bank.

Pihak BCA mengakui terjadi pengintipan PIN yang dilakukan oleh pihak tidak berwenang pada saat nasabah bertransaksi di ATM BCA di Bali. BNI menyatakan tengah melakukan identifikasi dan verifikasi pelaporan nasabah.

”Permasalahan ini hanya terjadi pada transaksi di mesin ATM, sedangkan untuk transaksi di ‘e-channel’ lainnya (BNI Internet Banking, BNI SMS Banking, BNI Mobile Banking, BNI PhonePlus) tidak terganggu,” kata Sekretaris Korporasi BNI Intan Abdam Katoppo.(media indonesia)

2 comments on “MARAK PEMBOBOLAN ATM

  • Rupanya jenengan masih setia dengan Tabloid Kontras, ya Padhe!

    Saya kebetulan tahu blog ini secara tidak sengaja, beberapa hari lalu. Ketika itu saya memlihat tentang 10 tahun Tabloid Kontras. Ternyuata nama saya diingat oleh jenengan. sungguh sangat bahagia saya karena mendapat kehormatan dari Pak Guru.

    Akhirnya, saya jadi banyak tahu tentang kiprah dan perjalanan mengartun jenengan dengan membaca pad blog yang sangat menarik ini.

    Selamat dan sukses selalu buat jenengan Pak Guru.

    Salam kangen dari Bekasi

    NB: mohon no HP jenengan yang baru dong. karena kita sepertinya jadi los kontak, karena nomor yang saya punya kok kayaknya sudah tidak aktif lagi. Trims! Wassalam!

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: