Pansus Century – Citra Wakil Rakyat Terangkat

Published 31/01/2010 by martono loekito

Indobarometer, salah satu lembaga survei yang dianggap kredible, mengumumkan hasil survey terbaru mereka terkait citra/popularitas legislatif dan eksekutif, jelang 100 hari perjalanan pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II. Hasilnya kontradiktif. Citra lembaga legislatif, dari hasil survey itu, diketahui sangat melorot. Ketidakpercayaan rakyat bahkan sudah mencapai 15 persen. Salah satu penyebabnya adalah kecurigaan, bahwa pemerintah di bawah eksekutif memiliki andil besar dalam kasus dana talangan (bail-out) Bank Century.
Berbanding terbalik dengan itu, kasus yang sama justru melambungkan citra para wakil rakyat. Anggota Pansus Angket Bank Century Maruarar Sirait, mengaku terkejut dengan hasil survei ini. Menurutnya, itu membuktikan bahwa kinerja DPR sekarang sudah diapresiasi masyarakat.
“Saya pikir ini perkembangan yang bagus. Selama ini kan agak jarang anggota DPR dipercaya hasil survei. Kami diawasi ketat. Setiap hari media, mahasiswa, LSM datang mengawasi kami. Hasil survey ini menjadi kesempatan bagi DPR untuk lebih besar lagi merebut kepercayaan publik. Berarti 30 orang dari kami (anggota Pansus Century – red) bisa memberikan sesuatu. Masih ada yang kami perbuat dalam rangka membuat DPR lebih dipercaya publik di masa-masa mendatang,” kata politisi PDIP ini di Jakarta, Minggu (24/1).
Terkait kecurigaan lain, bahwa pansus membidik SBY, Boediono dan Sri Mulyani, Maruarar membantah. Dikemukakannya, sedari awal para anggota pansus, termasuk dari PDIP, tidak pernah menargetkan itu. Hanya saja, memang dimungkinkan jika di tengah pemeriksaan, pansus menemukan indikasi-indikasi keterlibatan mereka. “Konteksnya malah sebaliknya. Kami ingin betul-betul membuka. Tapi kalau terbukti ada keterlibatan si-A dan si-B melanggar, masak kami diamkan,” ujarnya seraya menambahkan, Presiden SBY tidak perlu berprasangka bila dia tidak bersalah. “Yang harusnya berprasangka dan khawatir, bila dia merasa salah. Dan yang salah harus kita tindak.”
Berdasarkan survei Indobarometer yang dirilis kemarin, sebanyak 52,4 persen responden yakin bahwa Pansus Bank Century bisa menyelesaikan tugas dengan baik. Survei itu dilakukan mulai 8 hingga 18 Januari 2010 di 33 provinsi dengan margin of error, plus-minus 3,0 persen.
Pun demikian pansus mendapat tantangan untuk segera mengumumkan hasil rapat-rapat yang digelar secara maraton dalam hitungan satu bulan terakhir. Direktur Indo Barometer Qodari menyatakan, walau pun yakin pansus dapat mengungkap kasus bailout sebesar Rp 6,7 triliun tersebut, masyarakat, lebih mengharapkan agar pansus bisa membuka soal ke mana sebenarnya aliran dana talangan. “Yang  paling ditunggu oleh masyarakat sebenarnya soal aliran dana. Masyarakat sangat ingin tahu ke mana dana itu, karena mereka minta segera diumumkan,” katanya.
Berdasarkan survei, tambah Qodari, 37 persen menghendaki pansus lebih fokus pada upaya mengungkap penyelewengan dana talangan untuk tujuan yang tidak semestinya. “Itu merupakan pamungkas dan porsi terbesar dari hal yang mesti diprioritaskan pansus,” pungkasnya.

OKEZONE – ANTARA | GLOBAL | JAKARTA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: